Wednesday, September 15, 2010

Nih... Mobil Termurah di Eropa



Jumat, 3 September 2010 | 14:15 WIB
AvtoVAZ
MOSKWA, KOMPAS.com — Jika India punya mobil murah Tata Nano, maka Eropa juga punya. Uniknya, pelopornya bukan dari Inggris, Jerman, atau Perancis yang merupakan raksasa pabrikan di Benua Biru, melainkan dari Rusia, Avto VAZ. Produsen ini siap memproduksi sedan Lada Granta.

Lada Granta dengan kode VAZ 2190 akan menggantikan Lada Kalina dan Samara yang lawas. Produksi dimulai pada pertengahan tahun depan di pabrik Avto VAZ di Togliatti dengan berbagai model pilihan, seperti sedan, hatchback, sampai wagon. Harganya dibanderol 6.200 dollar AS per unit atau Rp 55,8 juta per unit.
Adapun tipe lawas akan digeser ke pabrik Izhevsk. Pihak pabrikan menyatakan, fokus utama pemasaran Granta tetap di Rusia. Namun, tak menutup kemungkinan, produk ini akan dipasok ke Eropa Barat karena adanya permintaan.

Direktur Utama Avto VAZ Igor Komarov mengatakan, Lada Granta diproduksi menggunakan platform Kalina. "Tapi dengan tingkat keamanan lebih baik dan lebih nyaman," ujar Igor.

Avto VAZ berambisi mengejar target penjualan 1,2 juta unit per tahun pada 2020. Dari jumlah itu, 70 persen dikontribusikan dari tiga model dasar, di antaranya low cost car dan mobil di segmen C. Tahun ini saja, perusahaan menetapkan target produksi 571.000 unit.

No comments: