Tuesday, June 15, 2010

Misterius, Brazil Waspadai Korut

[ Selasa, 15 Juni 2010 ]
Misterius, Brazil Waspadai Korut
Brazil v Korut

JOHANNESBURG - Korea Utara (Korut) diyakini sebagai tim paling lemah di grup G. Maklum, mereka harus berjibaku dengan Brazil, Portugal, dan Pantai Gading. Meski begitu, Korut wajib diwaspadai karena kemisteriusannya.

Nah, Brazil mendapatkan kesempatan pertama meladeni Korut di Stadion Ellis Park, Johannesburg, dini hari nanti (siaran langsung RCTI pukul 01.30 WIB). Dari banyak sisi, Brazil tetap menjadi favorit. Tapi, semudah itukah menaklukkan Korut?

"Korut adalah misteri dan tidak ada yang tahu tentang Korut. Kami datang dengan keberanian. Kami bisa saja menang atas Brazil. Semua orang berpikir kami tidak mungkin menang. Tapi, kami memiliki hati yang teguh," papar Jong Tae-se, striker Korut, seperti dikutip Soccernet.

Kekuatan Korut memang sulit dipetakan. Negeri komunis itu sangat tertutup. Nyaris tidak ada informasi yang keluar soal persiapan skuad Korut. Terlebih, mayoritas penggawa yang dibawa ke Afsel bermain di kompetisi domestik. Hanya tiga pemain Korut yang bermain di negara lain.

Karena itu, Brazil tetap mewaspadai Korut. "Saya tidak tahu apa pun tentang mereka. Saya hanya menyaksikan satu babak pertandingan uji coba yang mereka mainkan. Kami masih menunggu hasil pengamatan pelatih-pelatih Brazil untuk memberikan lebih banyak informasi," papar Ramires, gelandang Brazil.

Brazil tak ingin terlalu percaya diri. Sebab, hal itu bakal berdampak buruk. Korut pernah mengejutkan pada Piala Dunia 1966. Ketika itu mereka mengalahkan Italia dan menahan Cile. Korut pun melaju ke perempat final sebelum dikalahkan oleh Portugal.

Terlepas dari itu, Samba -julukan Brazil- tetap punya kans menghajar Korut dengan skor besar. Performa Korut dalam beberapa laga uji coba tidak begitu mengesankan. Dalam lima pertandingan terakhir, Korut tiga kali kalah dan dua kali seri.

Di sisi lain, Brazil meraih hasil meyakinkan dalam perjalanan menuju Piala Dunia 2010. Juara Piala Konfederasi 2009 itu selalu menang dalam empat uji coba terakhir. Lucio dkk menghajar Tanzania dengan skor 5-1, Zimbabwe (3-0), Irlandia (2-0), dan Inggris (1-0).

"Memang sulit mengetahui apa pun tentang mereka. Namun, saya yakin bahwa pelatih telah mempersiapkan segala analisis dan video tentang mereka," urai Felipe Melo, gelandang Brazil, seperti dikutip Canadian Press.

Brazil berada dalam kondisi siap dan punya kualitas merata di semua lini. Hanya, ada sedikit problem dalam tim mereka saat persiapan Piala Dunia 2010. Hal itu terkait dengan kabar pertengkaran antar pemain. Sebelum Dani Alves versus Julio Baptista, Kaka dikabarkan ribut dengan Melo. (ham/c11/ca)

No comments: