Tuesday, January 4, 2011

Tak Mimpikan Jadi Ibu Negara

[ Rabu, 01 September 2010 ]
Tak Mimpikan Jadi Ibu Negara
PUBLIK barangkali belum terlalu mengenal Okke Hatta Rajasa. Dialah sosok yang selama ini berada di balik popularitas dan kesuksesan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Hatta Rajasa.

Pemilik nama lengkap Oktiniwati Ulfa Dariah itu tidak berbeda dari para istri pejabat lainnya. Ibu empat anak tersebut selalu aktif mendukung dan menyertai kegiatan dinas sang suami. Termasuk di forum dan program-program mandiri Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB).

Saat ini Hatta Rajasa menjabat Menko Perekonomian. Sebelumnya, pria kelahiran Palembang, Sumsel, 18 Desember 1953, itu beberapa kali duduk di kabinet. Termasuk menteri negara riset dan teknologi (Menristek) pada era Presiden Megawati serta menteri perhubungan dan Mensesneg pada kabinet Presiden SBY. Karena berbagai jabatan sang suami tersebut, Okke ikut dibuat sibuk.

Belakangan muncul wacana untuk menjadikan Hatta Rajasa sebagai calon presiden dari PAN pada 2014. Bagaimana respons Okke soal wacana tersebut? ''Soal itu, saya rasa, keluarga belum perlu respons dulu. Dijalanin aja yang sekarang,'' kata Okke kepada IndoPos (Jawa Pos Group) saat menghadiri sebuah acara di Parkir Selatan Senayan, Jakarta, pada Sabtu (28/8).

Dokter gigi yang kerap menyatakan kurang mengerti politik itu dikenal sebagai sosok low profile. Okke pun menyatakan biasa-biasa saja ketika mendengar tentang pencalonan sang suami sebagai Capres. ''Kali pertama diberi tahu bapak (soal pencapresan Hatta Rajasa, Red). Kalau ditanya respons, biasa-biasa saja,'' ujar perempuan berjilbab tersebut.

Okke bertutur, Hatta Rajasa memang sering curhat kepada dirinya dalam beberapa hal. Tetapi, sebagai perempuan yang tidak terlalu mengerti politik, dia memilih untuk lebih banyak mendengar. Perempuan yang lebih dari seperempat abad mendampingi Hatta Rajasa itu tidak pernah sekali pun bermimpi menjadi ibu negara.

Ketua Cita Tenun Indonesia (CTI) tersebut tentu tetap mendorong karir sang suami. Kendati begitu, dia menegaskan, apa pun pekerjaan dan karirnya, Hatta Rajasa merupakan ayah dari putra dan putrinya. ''Dijalanin aja amanat yang sekarang. Soal itu (jadi ibu negara, Red), belum kepikir sama sekali,'' pungkasnya. (did/jpnn/c13/dwi)

No comments: