Monday, October 4, 2010

Rooney-Defoe Sempurna, Inggris Bangkit


Sabtu, 04 September 2010 | 03:58 WIB
LONDON, KOMPAS.com - Penyerang Inggris, Jermaine Defoe dan Wayne Rooney, mencetak gol dan assist yang menentukan kemenangan timnya 4-0 atas Bulgaria pada kualifikasi Piala Eropa 2012, Jumat (3/9/2010). Ini adalah kemenangan pertama Inggris dalam turnamen resmi semenjak menyerah 1-2 kepada Jerman di babak 16 besar Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Bermain di kandang, Stadion Wembley, Inggris unggul lebih dulu berkat gol Defoe pada menit ketiga. Memanfaatkan umpan Ashley Cole, Defoe menjebol gawang Nikolay Mihailov.

Gol cepat melambungkan moral Inggris. Melihat waktu masih panjang, mereka terus menggulirkan bola ke depan. Namun, solidnya pertahanan lawan, menyulitkan mereka memperbesar keunggulan sampai Defoe membawa mereka unggul 2-0 pada menit ke-61.

Saat itu, dalam sebuah serangan balik, Steven Gerrard mengirim bola kepada Wayne Rooney, yang kemudian meneruskannya kepada Defoe. Defoe berhasil menguasai umpan Rooney dan mengirimnya masuk gawang Bulgaria.

Tak mau kehilangan momen, Inggris terus mendesak lawan. Mereka pun berhasil memperlebar jarak menjadi 3-0 berkat gol Adam Johnson pada menit ke-83. Gol bermula dari umpan Defoe yang berhasil dikuasai Rooney. Rooney kemudian menyodorkan bola kepada Johnson yang meneruskannya dengan sebuah tembakan akurat yang membuat bola masuk gawang musuh.

Defoe mengakhiri pesta Inggris dengan gol ketiganya pada menit ke-86. Memanfaatkan umpan Rooney, ia mengirim bola masuk gawang Mihailov.

Selama 90 menit, Inggris menguasai bola sebanyak 53 persen dan menciptakan delapan peluang emas dari 13 usaha. Sementara itu, Bulgaria melepaskan tiga tembakan akurat dari enam percobaan.

No comments: