Monday, December 27, 2010

Harifin Andi Tumpa Tak Pernah Mudik

[ Sabtu, 04 September 2010 ]
Harifin Andi Tumpa Tak Pernah Mudik
KETIKA Lebaran nanti, Ketua Mahkamah Agung (MA) Harifin Andi Tumpa memilih tetap berada di Jakarta. Pria kelahiran 23 Februari 1942 itu tidak akan mudik ke kota asalnya di Soppeng, Sulawesi Selatan, atau tempat dia menghabiskan masa muda di Makassar. ''Lebaran di sini saja,'' ujar hakim agung tersebut setelah salat Jumat di gedung MA, Jakarta, kemarin (3/9).

Pengganti Bagir Manan yang menjabat sejak 15 Januari 2009 itu mengatakan tidak pernah mudik. Bukan tanpa alasan suami Herwati Sikki tersebut tidak mau pulang kampung. Di tanah kelahirannya, dia sudah tidak memiliki sanak saudara. ''Mau ketemu siapa di sana? Sudah tidak ada siapa-siapa lagi di sana. Lebih baik di sini saja. Biar keluarga yang datang,'' jelas pengadil yang diangkat menjadi hakim agung pada 14 September 2004 itu.

Kalaupun dia menyempatkan singgah di kampung asalnya suatu ketika, bapak tiga anak tersebut tidak pernah memiliki agenda khusus. Lulusan Universitas Leiden, Belanda, itu menyebut baru bisa berkunjung ke rumah (almarhum) orang tua ketika ada urusan pekerjaan. ''Saya baru pulang kalau kebetulan ada kunjungan kerja ke sana,'' jelas mantan wakil ketua MA Bidang Nonyudisial tersebut lantas tersenyum. (aga/c7/dwi)

No comments: