Thursday, December 16, 2010

Obama Telepon Karzai Menjelang Tinjauan Perang Afghanistan

Obama Telepon Karzai Menjelang Tinjauan Perang Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID,KABUL--Presiden Barack Obama membahas tinjauan Amerika Serikat mengenai perang di Afghanistan dengan mitranya di Afghanistan Hamid Karzai pada Kamis. Kedua belah pihak menekankan pembahasan pada "lokasi-lokasi persembunyian teroris", menurut Kabul.
Ungkapan itu tampaknya merujuk pada kawasan semi otonom sabuk suku-suku di Pakistan yang terletak di perbatasan Afghanistan, yang menjadi markas para pejuang Taliban beroperasi di Afghanistan dan menjadi markas global Al-Qaeda.
Obama menelpon Karzai dan dua pemimpin sepakat bahwa perbaikan keamanan di beberapa daerah harus dibangun lebih lanjut, kata kantor Karzai. Amerika Serikat, Kamis, diharapkan menyampaikan jika strategi perang sembilan tahunnya melawan gerilyawan Taliban berada di jalur yang tepat, dalam suatu telaah pascapenambahan gelombang 30 ribu prajurit Amerika Serikat tahun lalu ke Afghanistan.
"Kedua presiden sepakat bahwa keamanan telah terwujud di sejumlah wilayah di Afghanistan dan bahwa perbaikan pada keamanan dan stabilitas di beberapa provinsi perlu konsolidasi," kata pernyataan itu.
"Kedua presiden juga menekankan bahwa keberhasilan yang berkelanjutan memerlukan perhatian khusus pada lokasi-lokasi persembunyian teroris."Pasukan yang dipimpin AS berjuang untuk mengatasi pemberontakan Taliban melawan pemerintah Karzai, yang didukung oleh Barat.

No comments: